Management Ternak

EFEKTIFITAS KERJA
Efektifitas kerja dan kebersihan menjadi bagian dari langkah sukses dalam kegiatan peternakan, SEBAB ini menyangkut energy waktu dan biaya yang akan digunakan. 


Semakin tidak efektif maka semakin tinggi cost yang dikeluarkan.

Beberapa hal yang bisa di manage dalam kegiatan peternakan antara lain:

Management Ternak:

Ini meliputi pola peternakan apakah peranakan, penggemukan atau keduanya. Mencangkup kesehatan dan kebersihan ternak.

Management kandang:
ini meliputi tata letak kandang, penempatan, bentuk kandang, sanitasi, pengairan dll

akan saya bahas secara ringkas:

setiap kegiatan ternak tidak memiliki perlakuan yang sama. Misal: Peranakan atau breeding population adalah peternakan yang di dalamnya berkumpul sejumplah populasi ternak untuk dikembang biakkan, dari sini kita bisa tahu bahwa jumlah betina lebih banyak dari jantan yang kemudian saat melahirkan kita pisah dari populasinya sampai melahirkan, disusui dan natinya anaknya masuk area penggemukan. Dan induknya masuk kembali ke populasi peranakan. Semisal dalam satu kotak idealnya 1 kambing jantan dengan 5 kambing betina. sedangkan

Penggemukanadalah proses menjadikan ternak menjadi dewasa dan gemuk untuk kemudian langsung kita manfaatkan.

Sebenarnya ini soal orientasi profit. Peranakan proffitnya jangka panjang dan penggemukan jangka pendek. Namun keduanya penting, tidak ada yang bisa digemukkan tanpa ada yang di lahirkan.

Kesehatan dan kebersihan ternak juga penting, perlakuan awal ternak sejak kelahiran, perubahan pola makan dari pola biasa ke fermentasi atau menangani penyakit juga perlu di perhatikan. Ini menyangkut soal nutrisi sebab secara langsung berpengaruh terhadap cost dan tenaga yang kita keluarkan. Proses cheking keluar masuk ternak memudahkan evaluasi. Semisal memberi tanggal, mencatan pakan, dll. Ini sebagai survai kecil yang nantinya bermanfaat.

CONTOH KANDANG ke 1
Managemen Kandang
Kandang yang bagus adalah kandang yang tidak merepotkan. Kokoh, bentuk mudah di akses, penempatan pakan memadai, tempat pengolahan pakan ada, tempat menampung kotoran rapi, pengairan cukup, sanitasi dll akan menentukan kebersihan kandang kita. Kandang yang rapi dan bersih berpengaruh terhadap selera makan ternak, dan selera makan mempengaruhi pertumbuhan ternak.

seperti contoh gambar. Kandang di atas

Penataan kandang yang ribet, barang barang tercecer di mana mana, susah dijangkau mungkin itu biasa dan mungkin kita cuek akan hal itu. Tapi perlu diketahui bahwa banyak waktu kita terbuang. Sama sama 1 jam peternak dengan managemen yang baik mampu mengurus 20-50 ekor sendirian tapi ada yang kesulitan walau hanya mengurus 10 ekor.

atau kandang yang ter integrasi dengan pengolahan limbah untuk dijadikan biogas, dll semua ada ilmunya. 

Mudah mudahan ini bisa menjadi inspirasi

INFO :

Nama       : Bapak Yulianto
Alamat     : Desa Gayam RT. 03 RW. 01 Kecamatan Panggul Kabupate trenggalek Jawa TimurTelp              : 081938930799 (XL)                          082230225759 (As)                         082230225795 (As)Email           : mendakuwera@gmail.com

Nama          : Bapak Supri                      : 087794169355 (XL)

0 komentar:

Katagori

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Video

Prediksi Kelahiran Kambing

BULAN: 
TANGGAL:
TAHUN:

Keterangan : Isi waktu kambing kawin.

Komentar Anda

Artikel Populer

Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2013 PANGGUL MENDAKUWERA FARM
Design By : Jasa Pembuatan Blog - CYBERNET WEB DESIGN